Sukses

Pengamat: Koalisi Untungkan Nasdem, PDIP Tidak Begitu Pengaruh

Koalisi menguntungkan Nasdem. Sedangkan bagi PDIP tidak berpengaruh.

Liputan6.com, Jakarta Partai Nasdem resmi mendukung calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau Jokowi. Kedua partai resmi berkoalisi.

Pengamat politik dari lembaga survei Indikator menilai langkah yang dilakukan oleh Nasdem dengan mendukung Jokowi sebagai capres bukan hal yang luar biasa.

"Nasdem memang sudah sejak awal membuat pernyataan-pernyataan yang menuju ke sana. Surya Paloh (Ketua Umum Partai Nasdem) memang sudah lama mau merapat ke Megawati (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri)," kata Hendro ketika dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Hendro menganggap, koalisi yang dibangun Nasdem dengan PDIP ini dapat menjadi peluang Nasdem untuk setidaknya masuk ke pemerintahan.

"Nasdem bagus, suaranya dia juga tidak mengecewakan, sehingga ini bisa menguntungkan buat Nasdem, ini momen Nasdem untuk tidak menjadi oplosan terus dan itu tidak menguntungkan," tambah Hendro.

Meski menguntungkan bagi Nasdem, lanjut Hendro, hal tersebut malah sebaliknya bagi PDIP. PDIP yang berkoalisi dengan Nasdem dinilai tidak akan berpengaruh besar kepada PDIP.

"Saya rasa nggak begitu besar, malah ini menjadi problem PDIP untuk mencari suara yang lebih besar. PDIP juga membutuhkan partai Islam, untuk itu koalisi PDIP dengan Nasdem saya kira tidak begitu pengaruh," ucap Hendro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.