Sukses

Belum Pikirkan Koalisi, PDIP Yakin Bisa Tembus 20 Persen

PDIP masih optimistis partainya bisa menembus angka 20 persen karena angka yang dirilis lembaga survei masih memiliki margin of error.

Liputan6.com, Jakarta - Dari hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei, PDIP menempati urutan pertama dengan perolehan suara mencapai 19%. Perolehan suara tersebut memang masih kurang untuk mengusung sendiri capres dan cawapres yang mensyaratkan setidaknya harus meraih 25% suara secara nasional.

Namun demikian, Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristyanto mengatakan masih optimistis partainya bisa menembus angka 20 persen. Dia beralasan bahwa angka yang saat ini dirilis lembaga survei masih memiliki margin of error.

"Ya kalau kita lihat margin of error kurang lebih 1 persen. Kita harap bisa plus 1 persen dan bisa jadi 20,67 persen. Kita masih menunggu KPU karena itu dasar legalitas," jelasnya di depan kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014) malam.

Hasto mengatakan, kini internal partainya yang bekerja mengawasi pileg sedang mengumpulkan formulir C1 dan mengawal adanya kecurangan-kecurangan. "Kita mulai kumpulkan dokumen C1. Ini masih krusial dan harus dikawal," imbuhnya.

Selain itu, meski belum memenuhi target, Hasto juga melihat ada perubahan perolehan suara PDIP yang dapat mempengaruhi peta politik Indonesia, khususnya soal penyebaran raihan suara PDIP.

"Paling kelihatan di Jawa Barat dan Banten, ini jelas ada perubahan peta politik. Lalu, 5 tahun lalu perolehan cuma 14 persen, sekarang nomor 1," tandas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.