Sukses

PDIP Menang Telak di TPS Jusuf Kalla

Golkar menempati posisi kelima dengan hanya memperoleh 7 suara. Tertinggal jauh dari PDIP yang memperoleh 64 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar kalah telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 di Jalan Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. TPS ini merupakan tempat mantan wakil presiden Jusuf Kalla mencoblos.

di TPS ini, Golkar menempati posisi kelima dengan hanya memperoleh 7 suara. Sedangkan Partai PDI Perjuangan menang telak dengan perolehan 64 suara. Di posisi kedua Partai Gerindra dengan 39 suara. Berikutnya Partai Nasdem dan Partai Demokrat masing-masing mendapatkan 24 dan 21 suara.

"Mengejutkan. Di TPS mantan ketua umum Golkar, malah jeblok," kata Dosen FISIP UIN Jakarta Andar Nubowo kepada Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Menurut Andar, hasil ini menjadi bukti bahwa masyarakat sudah tidak melihat nama Jusuf Kalla lagi sebagai bagian dari Partai Golkar. "Jusuf Kalla sudah tidak terlalu identik dengan Golkar lagi."

Perolehan suara ini juga dinilai sebagai kecenderungan merosotnya suara Golkar secara nasional. "Golkar turun 3-4 persen dari pemilu 2009," tandas Andar.

Pemungutan suara di TPS JK diikuti 186 pemilih dari 330 daftar pemilih tetap (DPT). Dari jumlah itu, 179 dinyatakan surat suara sah dan 7 dinyatakan tidak sah oleh tim penghitungan suara. (Raden Trimutia Hatta)    

Baca juga:

PDIP Berjaya di Komplek Perumahan Menteri 

Golkar Tumbang di TPS Aburizal Bakrie

                                                                                                                                                                                                  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini