Sukses

TPS Mirip Sekolah Dasar untuk Pendidikan Politik

TPS Taman Kedaulatan menjadi tempat memilih dewan kampung.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik tidak hanya terdapat di Surabaya. Di Yogyakarta, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuat TPS 10 yang terletak di Dipoyudan Pathuk, Ngampilan, mirip sekolah dasar. Namanya TPS Sekolah Demokrasi. Untuk benar-benar memperlihatkan suasana sekolah, semua petugas menggunakan seragam merah putih.

Ketua KPPS Syarif Teguh mengatakan, TPS bernuansa sekolah sengaja dibuat untuk memberikan pendidikan politik kepada warga Dipoyudan. "Konsepnya memberikan pendidikan politik, bahwa pemilu bukan hal menegangkan tapi pesta. Pesta rakyat semua," kata Syarif kepada Liputan6.com, Rabu (09/04/2014).
 
Tak jauh dari TPS 10, terdapat TPS Taman Kedaulatan (TK). Kedua TPS ini memiliki tujuan sama. Syarif menjelaskan, TPS 10 untuk pemungutan suara pemilu 2014. Sedangkan TPS Taman Kedaulatan menjadi tempat memilih Dewan Perwakilan Rumah Tangga (Pemilu DPPRT). Di TPS ini, semua warga mulai anak-anak hingga dewasa, dapat menggunakan hak suaranya.

Petugas KPPS TPS TK merupakan anak-anak remaja. Jumlah pemilih yang terdaftar 700 orang. TPS ini dibuat untuk memilih 40 calon anggota dewan kampung, dari 4 Dasawisma (kelompok kampung) atau dapil.

"Di TPS ini kita ajarkan anak-anak dapat menggunakan hak suaranya. Ini pileg kampunglah," kata Syarif yang juga mengenakan seragam SD.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.