Sukses

Alasan Ketua KPU Datangi Lapas

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik memutuskan untuk mengunjungi beberapa lembaga pemasyarakatan. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan pemungutan suara pada pagi hari, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik memutuskan untuk mengunjungi beberapa lembaga pemasyarakatan. Menurut Husni, KPU ingin memastikan bahwa seluruh warga yang berada pada daerah tertutup menggunakan hak suaranya untuk perbaikan Indonesia di masa akan datang.

"Selain memantau agar para napi tidak kehilangan hak poilitiknya, KPU pun memantau sebagaimana mana yang sudah diatur," kata Husni saat berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Rabu (9/4/2014).

Sejauh ini, Husni melihat para penghuni lapas telah mendapatkan fasilitas untuk mencoblos dengan sangat baik. Antusiasme para tahanan dan narapidana juga dinilai baik, dan pastisipasi untuk ikut pemilu sangat tinggi. "Ini menggambarkan bahwa masyarakat di lapas memiliki kesadaran politik," kata Husni menjelaskan.

"Seperti di Pondok Bambu baru jam berapa sudah 80 persen ikut mencoblos," kata dia menambahkan. Sejauh ini juga, kendala tersulit adalah apabila ada penghuni baru yang masuk setelah DPT dan DPK ditetapkan, dan tidak memiliki identitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.