Sukses

Jokowi dan Prabowo Ngetop di Kampung Eks Lokalisasi Palembang

Warga eks lokalisasi berharap jika salah satunya menjadi presiden jangan adanya diskriminasi serta lebih mengutamakan kepentingan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Nama bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi dan bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto, tak hanya disorot di Jakarta. Nama keduanya juga tenar di Palembang, Sumatera Selatan bahkan hingga ke kawasan bekas lokalisasi yaitu di Kampung Baru, Jalan Teratai KM 8, Palembang.

Vera (25), salah satu warga kampung eks lokalisasi ini mengatakan, dirinya tahu 2 kandidat pilpres ini di televisi. "Tahu pak Jokowi dan Prabowo dari televisi. Jokowi dan Pak Prabowo calon presiden kan," katanya kepada Liputan6.com, di Kampung eks lokalisasi, Minggu (6/4/2014).

Wanita yang sudah lima tahun menetap di kampung eks lokalisasi ini menilai kedua sosok capres itu sangat sering di-publish dan dekat dengan masyarakat. Dia pun berharap ketika salah satunya menjadi presiden jangan adanya diskriminasi serta lebih mengutamakan kepentingan rakyat. "Yang paling penting jangan korupsi," tambahnya.

Lain lagi dengan Amel (28). Penghuni eks lokalisasi ini lebih memilih menjadi Golput ketimbang mencoblos.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ahmad Naafi mengatakan, pihaknya terus gencar melakukan sosialiasasi di seluruh kalangan, tanpa terkecuali warga di eks lokalisasi atau yang biasa dikenal Kampung Baru di Jalan Teratai KM 8 Palembang.

"Ya kita terus gencar lakukan sosialisasi ke semua masyarakat, hari ini kita sosialisasikan di tiga titik, yakni pusat keramaian Kambang Iwak, Tempat Pembuan akhir (TPA) Sukawinatan dan terakhir di eks Lokalisasi. Ada 360 warga di sini," ujar Naafi.

Dirinya pun menyayangkan jika warga di sekitar lokalisasi ini tidak menyeruakan haknya pada pemilihan legislatif. "Kalau adanya warga yang belum tercatat bisa menunjukkan KTP saat pencoblosan dan nantinya akan dimasukan dalam daftar pemilih khusus," terangnya.

Dari sejumlah lokasi yang dilakukan sosialiasasi, banyak pertanyaan dari warga yang masih bingung bagaimana menyalurkan hak suaranya karena KTP nya masih tercatat sebagai warga di luar Sumsel.

"Untuk warga yang KTP di luar Sumsel, bisa menggunakan formulir A5, caranya ialah warga yang bersangkutan mengajukan pindah TPS dengan meminta formulir A5 di TPS semula," urai dia. (Anri Syaiful)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Capres