Sukses

Survei PDB: Jokowi Unggul di Wilayah Perkotaan

Elektabilitas Joko Widodo masih menempati posisi teratas di berbagai survei.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo masih menempati posisi teratas di berbagai survei. Salah satunya dalam Lembaga Survei Pusat Data Bersatu (PDB) yang merilis hasil survei bertajuk 'Indonesia Mencari Pemimpin'.

Dalam survei tersebut elektabilitas capres Joko Widodo unggul dengan 29,8 persen. Sedangkan pada posisi kedua disusul oleh Prabowo Subianto dengan 11,6 persen.

"Untuk wilayah perkotaan, Jokowi masing unggul dibandingkan capres-capres lain, diikuti Prabowo di urutan kedua," kata peneliti PDB Agus Herta S dalam pemaparan surveinya di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Selain itu dalam survei tersebut, responden yang menyatakan belum tahu akan menentukan capresnya ternyata jauh lebih tinggi ketimbang perolehan suara capres. Responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 32,1 persen.

"Masyarakat di daerah perkotaan masih banyak yang belum menentukan pilihan, makanya masyarakat banyak memilih tidak menjawab," ucap Agus.

Posisi selanjutnya yakni Wiranto 5 persen, Dahlan Iskan 3,8 persen, Aburizal Bakrie 3,7 persen, Mahfud MD 3 persen, Jusuf Kalla 3 persen, Anis Baswedan 1,9 persen, Megawati Soekarnoputri 1,7 persen, Gita Wirjawan 1 persen, Hidayat Nur Wahid 0,7 persen, Rhoma Irama 0,7 persen, Chairul Tanjung 0,3 persen, Pramono Edhie Wibowo 0,1 persen, lainnya 0,7 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 32,1 persen.

Survei PDB dilaksanakan pada 7 hingga 14 Maret 2014 dengan responden yang dipilih secara acak sistematis berdasarkan petunjuk telepon PT Telkom.

Jumlah responden sebanyak 1.500 orang mewakili masyarakat penggunaan telepon di 33 provinisi, 170 kota di Indonesia dengan margin or error 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

LSI: Golkar dan PDIP Adu Kuat Jadi Pemenang Pileg 2014

Survei LKP: Partai Islam Kurang Dilirik Pemilih Pemula

Survei CSIS: Jokowi Ungguli Prabowo

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini