Sukses

32 Tahun Berkuasa, Golkar Diprediksi Menang Pemilu 2014

Pengalaman Partai Golkar memimpin Indonesia selama 32 tahun diyakini PWS bisa membuat partai menang pada pemilu 9 April 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Political Weather Station (PWS) merilis survei yang menyatakan Partai Golkar akan keluar sebagai pemenang pada Pemilu Legislatif  9 April 2014. Dalam surveinya, 20,3% responden ‎mengaku memilih Golkar bahwa pemilu dilaksanakan saat ini.  Lalu, apa yang membuat 20,3% responden memilih Golkar?

‎Direktur Ekskutif PWS Denny Ramdhani mengatakan, ‎mayoritas alasan responden memilih Golkar karena partai berlambang pohon beringin itu dianggap telah berpengalaman di pemerintahan. "Sebanyak 19,6% menyatakan Partai Golkar merupakan partai yang telah malang melintang di pemerintahan. Gejolak dan berbagai macam rintangan pernah dialami oleh Golkar," kata Denny  Minggu, (30/3/2014).

Sebagai partai penguasan selama lebih dari 3 dekade, Golkar mempunyai jaringan yang cukup kuat dan tidak dimiliki oleh partai peserta pemilu lainnya. "Golkar ini kan sudah 32 tahun menjadi partai penguasa. Jadi tak bisa dipungkiri kalau Golkar memiliki jaringan organisasi dan kader yang sudah merata dan mengakar di tanah air," ujar Denny.

Dengan pengalaman yang jauh lebih banyak dibanding partai-partai peserta pemilu lainnya, Denny menilai Golkar lebih berpeluang memenangkan Pemilu Legislatif. Pengalaman yang dimiliki Golkar itu, menurut Dennym menjadi modal sosial untuk meraup suara lebih banyak.

"Modal sosial Golkar jauh lebih lengkas dari partai-partai lainnya. Jadi tiang penyangga partai itu tidak hanya bertumpu pada satu faktor saja, misalnya faktor ketokohan, faktor keuangan, atau faktor agama," ujar Denny.
‎
Selain alasan sebagai 'partai senior' yang lebih berpengalaman, alasan lain responden memilih Golkar adalah partai yang diketuai oleh Aburizal Bakrie itu dianggap peduli terhadap masalah rakyat kecil, banyak kader berkualitas, simpatisan Partai Golkar sejak lama, dan sebagian lain menganggap Golkar mempunyai visi misi dan program kerja yang bagus.

"Alasan-alasan tersebut cukup rasional, dan memang selama ini, itu yang menjadi kekuatan Golkar selama ini," kata dia.

Terlebih menurutnya, Golkar selama ini tercatat sebagai partai yang memiliki jumlah kepala daerah yang cukup banyak. Hal tersebut dapat menjadi kekuatan tersendiri bagi Golkar untuk meraup suara sebanyak-banyaknya pada Pemilu Legislatif nanti.

"Coba lihat, gubernur, bupati, dan walikota, dibanding yang lain mereka (Golkar lebih banyak). Keunggulan ini dapat dimobilisasi untuk memenangkan partai pada pemilu nanti," tandas Denny. (Rizki Gunawan)

Baca juga:

Survei PWS: Golkar dan PDIP Pemenang Pileg 2014

Peluang Gandeng Gerindra, Ical: Asal Prabowo Mau Jadi Cawapres

Aburizal Bakrie: Enak Zamane Sopo?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.