Sukses

Gaet Pemilih Muda, TII Luncurkan Laman `Caleg Muda`

Laman ini berisi profil sejumlah caleg muda dari berbagai parpol peserta Pemilu 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Transparaency Internasional Indonesia (TII) meluncurkan portal digital untuk para caleg muda yang akan bertarung pada Pemilu 2014. Dengan nama CheckYourCandidates.org, peluncuran portal atau laman ini untuk memperkenalkan para caleg muda di bawah usia 40 tahun.

"Website ini untuk ikut mengenalkan para caleg muda melalui database, dengan sasaran pemilih muda agar lebih mengenal calegnya," kata Koordinator Program TII Wawan Suyatmiko dalam jumpa persnya di Jalan Wijaya, Kebayoran, Jakarta, Senin (31/3/2014).

Suyatmiko menjelaskan, berdasarkan penelitian TII setidaknya 50 % pemilih muda merasa pemilu berlangsung demokrasi atau tidak, hasilnya akan tetap sama, tidak ada perubahan signifikan. Sikap pesimisme ini tentu menjadi peringatan bagi masyarakat Indonesia.

"Untuk lebih mendekatkan pemilih muda dalam mengenali caleg di daerah pemilihnya, selain ada upaya dari KPU untuk menyediakan data profil, tentu juga dari para caleg sendiri yang berkampanye untuk mengenalkan diri kepada konstituennya," ujar Suyatmiko.

Suyatmiko mengatakan, data yang dirangkum TII dari 6.607 caleg terdapat 410 caleg muda yang berkompetisi dalam Pileg 2014. Data profil tersebut meliputi biodata, perjalanan politik, rekapitulasi LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara) bagi caleg incumbent atau petahana.

Selain itu juga terdapat catatan yang direkam sejumlah media online sebagai media tracking and coverage, serta kumpulan wawancara dengan para konstituen di dapilnya secara acak.

Namun, kata Suyatmiko, dari 410 caleg muda yang ditampilkan di portal tersebut, hanya di wilayah Jabodetabek dan sebagian pulau Jawa. Belum munculnya profil caleg muda seluruh Indonesia ini lantaran masih terkendala teknis.

Adapaun di antara caleg muda yang muncul dalam portal ini seperti Prita Mulyasari dari PDIP dapil Banten, Idham Arsyad dari PKB Dapil Jabar V, Primus Yustitio dari PAN dapil V, Desi Ratnasri dari PAN Dapil IV dan Aryo P S Djojohadikusumo Dapil DKI III dari Partai Gerindra.

Strategi Gaet Pemilih Muda

Menurut Suyatmiko, dari data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah total pemilih yang telah terdaftar dan akan ikut mencoblos pada Pileg 2014, 9 April nanti berjumlah 186.612.255 orang.

"Dari jumlah tersebut pemilih muda usia 17-30 tahun dalah 59,6 juta atau sekitar 30% dari total pemilih adalah pemilih muda, yaitu kelompok muda yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,"jelasnya

Adapun dari 12 partai politik nasional peserta Pemilu 2014, seluruhnya telah mendaftarkan caleg DPR, DPRD ke KPU pusat. Tercatat ada 6.607 caleg yang berkontestasi dalam Pileg 2014 ini.

"Salah satu strategi parpol untuk membidik 20 % pemilih muda, adalah parpol mengusung caleg muda pula, untuk mendekatkan parpol dengan pemilihnya," kata Suyatmiko.

Alasan Parpol mengusung caleg muda ini, imbuh Suyatmiko, karena dinilai mempunya idelisme, visi dan misi untuk melakukan perubahan dan menawarkan masa depan Indonesia yang lebih baik. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini