Sukses

Pengamat: PDIP Menang, Puan Dapat Posisi Strategis

Namun jika PDIP memilih sosok eksternal, Puan masih berpeluang menempati posisi strategis lainnya seperti Ketua DPR

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan Puan Maharani diyakini dapat menjadi figur penyeimbang dalam politik nasional. Khususnya jika nantinya PDIP bisa menang pada Pemilu dan Pilpres 2014 nanti.

Menurut pengamat dari Political Communication (Polcomm) Institute, Heri Budianto, anak perempuan Megawati Soekarnoputri ini akan memiliki peran strategis jika nantinya PDIP menjadi parpol pemerintah.

"Puan sebagai trah soekarno akan mendapatkan posisi strategis jika PDIP unggul di pileg dan memenangi pilpres," ujar Heri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/3/2014).

Posisi strategis yang dimaksud oleh Heri akan dijabat oleh Puan salah satunya adalah sebagai Cawapres. Namun jika PDIP memilih sosok eksternal untuk mendampingi Jokowi, cucu Proklamator RI ini juga masih berpeluang menempati posisi strategis lainnya seperti Ketua DPR.

"Mengingat jokowi bukan trah Soekarno, maka Puan jika tidak di Wapres lebih strategis diposisi ketua DPR," katanya.

Posisi di DPR itu sangat strategis bagi PDIP yang ada di pemerintahan, sebab PDIP juga harus tetap menjaga hubungan baik dengan seluruh kekuatan politik baik koalisi maupun oposisi.

"Posisi itu (Puan) akan sangat menentukan bagaimana konstalasi politik di parlemen. Selain itu, posisi Ketua DPR merupakan posisi prestise yang diinginkan banyak politisi," pungkas Heri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini