Sukses

Seksinya Dukungan Purnawirawan untuk Sang Capres

Dukungan purnawiran jelas tidak akan mendulang suara capres. Namun, dapat memobilisasi dukungan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto mendapat dukungan dari punawairawan TNI/Polri untuk menjadi calon presiden 2014. DUkungan serupa juga didapat capres dari PDIP Jokowi.

Pengamat Politik Anwar Arifin menilai, dukungan dari purnawiran jelas tidak akan mendulang suara capres. Hanya saja, dalam berpolitik harus ada kelompok kepentingan yang mendukung, agar dapat memobilisasi dukungan masyarakat.

"Yang pasti tentu tidak, mendulang suara tentu tidak pasti. Tapi itu sudah jelas bahwa ini suatu kelompok namanya kelompok kepentingan. Jadi memang dalam politik itu harus ada kelompok kepentingan yang mendukung dan kelompok kepentingan itu yang memobilisasi masyarakat," kata Anwar Arifin di Gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Meski begitu, Guru Besar Universitas Hasanuddin itu berpendapat, purnawirawan dapat mengubah konstalasi politik capres. Karena perlu diingat dalam politik itu satu bertambah maka semakin bertambah banyak.

"Jadi purnawirawan itu punya massa juga, jangan lupa itu," ujarnya.

Anwar menyatakan, purnawirawan nantinya akan bisa mempengaruhi pilihan masyarakat. "Tidak boleh kita memandang enteng satu kelompok tertentu. Jadi nanti purnawirawan ini bisa mempengaruhi yang lain. Dan itu menarik ya," pungkasnya Anwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini