Sukses

Berbusana Satpol PP, Jokowi: Bantu Kawal Pemilu

Jokowi mengingatkan Satpol PP harus peka dan sigap menjaga dan mencegah potensi adanya gangguan selama Pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo didaulat menjadi pembina upacara memperingati HUT ke-52 Satpol dan Linmas. Para anggota Satpol PP diminta bersiap menghadapi pesta demokrasi Pemilu yang digelar April dan Juli 2014.

Pantauan Liputan6.com, sebelum memimpin apel, Jokowi yang tiba dengan mengenakan baju seragam Satpol PP itu terlebih dahulu mengecek barisan Satpol PP dengan mengelilingi barisan pasukan dengan menumpang mobil terbuka milik Satpol PP DKI. Total sebanyak 3.600 personel Satpol PP mengkuti apel tersebut.

Setelah mengecek kesiapan barisan, Jokowi kemudian didaulat untuk menjadi pembina apel dan menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

"Peringatan ulang tahun ini menjadi sangat istimewa karena bersamaan dengan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pemilu legislatif serta presiden dan wapres. Yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali," kata Jokowi membacakan amanat Mendagri di hadapan ribuan anggota Satpol PP serta instansi terkait lainnya di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2014).

Jokowi mengatakan, karena bertepatan jelang Pemilu 2014, tema dari apel siaga ini adalah 'Siap Mengawal Pelaksanaan Pemilu 2014 Melalui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)'. Dipilihnya tema merupakan upaya kesiapsiagaan serta ketertiban Satpol PP dan Satlinmas sebagai SKPD yang memberikan dukungan kelancaran pada pelaksanaan Pemilu 2014.

"Terkait ini saya anggap terdapat relevansi antara tupoksi Satpol PP dalam penegakan perda serta penyelenggaraan ketertiban umum (tibum) dan ketenteraman masyarakat serta Satlimnas yang mempunyai tupoksi antara lain membantu dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilukada, penanggulangan bencana, dan tugas sosial kemasyarakatan lainnya," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, sebagai aparat penegak peraturan daerah, Satpol PP harus peka dan sigap menjaga dan mencegah potensi adanya gangguan selama Pemilu. Hal itu dilakukan agar masyarakat aman pemilu berlangsung.

"Untuk menyikapi kondisi dan situasi yang akan terjadi tersebut sesuai dengan tupoksi aparat Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus menyiapkan diri sejak dini," lanjut Jokowi.

Usai menyampaikan amanat Mendagri, Jokowi kemudian menyempatkan diri menyaksikan atraksi beladiri yang dimainkan oleh para anggota Satpol PP. Jokowi pun kemudian menyalami satu per satu para anggota Satpol PP dan tamu undangan yang hadir dalam acara itu.

(Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini