Sukses

Sulit Terpilih, Rizal Ramli Sebut Caleg 2014 Kurang Modal

Menurut Rizal Ramli, para caleg yang maju saat ini banyak yang miskin, sehingga sulit untuk bisa terpilih pada pemilu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli mencibir para calon anggota legislatif yang maju dalam Pemilu 2014. Menurut dia, para caleg yang maju saat ini banyak yang masuk kategori ICMI atau Ikatan Caleg Miskin Indonesia.

"Mau jadi caleg kok modalnya lemah," sindir Rizal dalam diskusi kebangsaan di Gedung Joeang, Jakarta, Selasa (25/3/2014) petang.

Sementara caleg yang bisa terpilih, menurut Rizal, adalah mereka yang punya uang melimpah. Karena itu, negara harusnya membiayai para caleg yang maju dalam pemilihan umum.

Menurut salah satu peserta Konvensi Rakyat itu, jika sistem pemerintahan di negara ini mau kuat, harus dilihat dari proses awalnya. Sebab, jika hulunya saja sudah terlihat lemah, maka sudah dapat ditebak seperti apa ke depan.

Itu artinya, kata Rizal, semua sistem, termasuk sistem hukum yang ada di negara ini juga lemah. Maka itu, sebenarnya menjadi tugas para calon pemimpin pada Pemilu 2014 inilah semua perbaikan disandarkan. Namun, Rizal pesimis akan ada perbaikan.

"Karena pemimpin kita arahnya bukan pada demokrasi untuk rakyat. Sekarang demokrasi negara ini sudah dibajak sama kekuatan uang dan dibajak kekuatan oligarki," kata Rizal.

Selama kepemimpinan di negara ini sudah dikangkangi oleh banyak kepentingan golongan elite tertentu, maka menurutnya sistem demokrasi yang ada hanya bermanfaat buat para elite tersebut. "Kesejahteraan rakyat sudah kolaps, tapi buat para politisi, justru makin luar biasa," tandas Rizal.

Baca juga:

Kampanye Unik, Caleg Pasang Baliho Jungkir Balik

Diduga Lakukan Politik Uang, Caleg PDIP Dipanggil Panwaslu

Copot Stiker Caleg, 2 Bocah Dipukuli dan Disetrum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.