Sukses

Jokowi Jadi <i>The Real Enemy</i>, PDIP Diminta Berkoalisi

PDIP harus mengambil langkah-langkah taktis untuk menahan serangan lawan politik.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP telah mengusung Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2014. Sejumlah partai politik lawan PDIP pun terus menyerang mantan walikota Solo itu.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heriyanto mengimbau PDIP harus mengambil langkah-langkah taktis untuk menahan serangan-serangan dari lawan politiknya. Salah satunya dengan menjaga mesin pemenangan Jokowi.

"Dia akan dibombardir secara intensif melalui banyak hal. Strategi PDIP saya rasa harus menjaga konsistensi tren positif Jokowi," kata Gun Gun dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/3/2014).

Gun Gun menambahkan, strategi politik lainnya yang harus dilakukan PDIP untuk memuluskan Jokowi menjadi RI 1 yaitu dengan lebih cermat memilih mitra koalisi.

"Efektifitas komunikasi politik cukup penting, Kecermatan dalam memilih mitra potensial sangat penting," ucap Gun Gun.

Selain itu, sambungnya, PDIP juga harus mengelola harapan publik agar Jokowi tetap menjadi sosok yang dikenal. "Jokowi sendiri bukan milik PDIP. Jokowi juga mempunyai perbedaan dari sosok sosok pemimpin sebelumnya," tukas Gun Gun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.