Sukses

Kriteria Cawapres Idaman Jokowi

Jokowi telah ditetapkan sebagai capres PDIP. Apa kriteria cawapres idaman Jokowi?

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi telah ditetapkan sebagai calon presiden (capres) PDIP. Sejumlah nama tokoh untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Jokowi pun berhembus. Apa kriteria cawapres idaman Jokowi?

"Kalau saya nggak peduli mau tua muda, pengalaman atau tidak, laki atau perempuan. Tidak seperti itu. Yang penting menguasai medan makro. Tidak hanya makro ekonomi, makro politik, geopolitik juga," ujar Jokowi di depan pagar Balaikota DKI Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Dia menegaskan, dirinya tak masalah dengan cawapres yang lebih tua atau pun yang lebih muda. Usia, menurut dia, tidak masalah. Yang penting bisa diajak kerja dan kerja.

"Kalau saya yang muda boleh, yang setengah matang boleh, tua juga nggak apa. Kalau saya nggak mau bedakan tua muda, laki-laki atau perempuan," ujar Jokowi.

Lantas dari kriteria tersebut, apakah Jokowi sudah mengetahui siapa tokoh yang akan menjadi cawapresnya? Mantan Walikota Solo tersebut mengaku menyerahkan hal itu kepada pengurus pusat PDIP.

"Tanyakan ke partai. Kalau saya sekarang ini fokus ngurus di Pileg dulu," ujar Jokowi.

Dia mengungkapkan, pembahasan cawapres di internal PDIP sendiri saat ini telah sampai pada tahap menyamakan kriteria. Namun belum sampai tahap penyebutan nama-nama bakal cawapres.

"Saat ini belum, setahu saya sekarang baru pada membahas kriteria-kriteria di partai.  Ya nanti ketemu kriteria-kriterianya. Kalau sudah final baru bicara orangnya," tandas Jokowi. (Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jokowi Peluk Cium Siswa Penyandang Disabilitas

Pengamat: Kekuatan Jokowi Hanya Moral Innocence

Ahok: Orang Sudah Tahu Jokowi, Ngapain Kampanye Lagi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini