Sukses

SBY Jadi Jurkam di Malang Pekan Ini

Sebelum kampanye akbar digelar, Partai Demokrat memilih kampanye model blusukan dari rumah ke rumah dan pasar-pasar tradisional.

Liputan6.com, Malang - Partai Demokrat Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan menggelar kampanye akbar dengan menghadirkan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada Sabtu 22 Maret 2014. Kampanye akbar itu akan dipusatkan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang. 

"Kampanye terbuka baru kami gelar Sabtu, dan kami fokuskan di Kabupaten Malang. Selain menghadirkan ketua umum sebagai juru kampanye (jurkam), kami juga menghadirkan sejumlah jurkam nasional maupun provinsi," ujar Humas sekaligus koordinator kampanye Partai Demokrat Kabupaten Malang Susianto, Senin (17/3/2014).

Menurut anggota DPRD Kabupaten Malang ini, sebelum kampanye akbar digelar, Partai Demokrat memilih kampanye model blusukan dari rumah ke rumah dan pasar-pasar tradisional. Hal ini karena lebih efektif dan efisien serta lebih hemat biaya.

Susianto lebih suka blusukan ketimbang mengumpulkan massa di lapangan terbuka atau konvoi kendaraan di jalan. "Kalau kampanye seperti itu kami rasa justru boros, bahkan mengganggu para pengguna jalan," katanya.

Selain Partai Demokrat, sebagian besar partai politik peserta Pemilu 2014 di Kabupaten Malang juga menerapkan kampanye model blusukan, termasuk Partai Gerindra. Model ini digemari kecuali ketika dihadiri oleh jurkamnas yang digelar secara terbuka dan akbar.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Ahmad Subhan mengatakan, model kampanye blusukan pun juga membutuhkan dana tidak sedikit karena setiap menggelar kampanye DPC Partai Gerindra menyiapkan Rp 20 juta untuk membeli alat peraga, seperti membuat kaos, bendera partai, dan kertas suara.

Subhan optimistis caleg dari Partai Gerindra pada Pemilu 2014 akan bisa membentuk satu fraksi sendiri di DPRD Kabupaten Malang. (Ant/Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini