Sukses

SBY Urus Kabut Asap dan Batal Kampanye, Ruhut: Itu Negarawan

Ruhut Sitompul menilai sikap SBY yang lebih mementingkan berangkat ke Riau dibandingkan menjadi jurkamnas Partai Demokrat patut dipujikan.

Liputan6.com, Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menjadi juru kampanye nasional Partai Demokrat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namun, SBY lebih memilih ke Riau untuk mencari tahu penyebab kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan krisis kabut asap.

Menyikapi hal itu, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul menilai sikap SBY yang lebih mementingkan berangkat ke Riau dibandingkan menjadi jurkamnas Partai Demokrat sebagai hal yang patut dipuji.

"Itulah sikap kenegarawanan Pak SBY. Lebih mementingkan rakyat daripada partainya sendiri," kata Ruhut saat dihubungi di Jakarta, Minggu (16/3/2014).

Ruhut yang saat ini berada di Magelang mengatakan, sikap SBY itu perlu diapresiasi karena berani mengambil risiko menuju Riau. Padahal, jarak pandang yang terbatas, bahkan sampai penerbangan komersial pun menghentikan maskapainya, tak membuat langkah SBY surut.

"Ini sikap yang harus diteladani. Berani menempuh bahaya demi melihat langsung rakyat Riau yang memang butuh pertolongan," ujarnya.

Sementara itu, pengamat lingkungan dari Universitas Padjadjaran, Prayudi Setiadharma menambahkan, kunjungan SBY ke Riau dalam rangka memantau langsung proses penanganan kabut asap akibat kebakaran Cagar Biosfer Giam Siak Kecil dan Bukitbatu merupakan langkah tepat.

"Artinya memberikan sinyal bahwa pendelegasian wewenang yang telah beberapa lama berjalan, tugas-tugas yang didelegasikan, tidak berjalan seperti yang diharapkan. Karena itu, sangat tepat bila beliau turun langsung untuk menangani situasi yang sudah tidak terkendali," ujarnya. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini