Sukses

Bawaslu Deklarasikan Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu

Relawan pemilu dari berbagai kalangan memenuhi Istora Senayan, Jumat (14/3/2014) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendeklarasikan Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu. Relawan pemilu dari berbagai kalangan memenuhi Istora Senayan, Jumat (14/3/2014) malam.

Mereka terdiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pelajar tingkat SMU, serta mahasiswa perguruan tinggi dari 33 provinsi di Indonesia.

"Dengan ucapan bismillah saya deklarasikan Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu. Dari Bawaslu menuju Pemilu yang sukses," ujar Ketua Bawaslu Muhammad yang kemudian memukul gong sebanyak 5 kali.

Muhammad juga menyematkan lencana secara simbolis kepada 10 perwakilan pelajar dan mahasiswa yang mejadi relawan pengawas pemilu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran serta kepedulian masyarakat Indonesia untuk menyukseskan Pemilu 2014 dengan meningkatkan partisipasi warga, terutama para pemuda.

"Bawaslu ingin buktikan di tangan adek mahasiswa dan SMU bagaimana kita dapat sukseskan Pemilu 2014," imbuhnya.

Saat ini, telah ada sekitar 611 ribu relawan yang tergabung dalam gerakan pengawas pemilu ini. Mereka akan diberi pengetahuan agar dapat melaporkan ada tidaknya pelanggaran dalam pemilu. Pembekalan akan dilakukan setiap Panwaslu kabupaten dan kota, Bawaslu provinsi, atau pun melalui sistus bawaslu.go.id yang menyediakan modul terkait itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.