Sukses

Sesajen Calon Wakil Rakyat di Atas Makam Raja Sriwijaya

Saat musim pemilu seperti saat ini banyak pengunjung yang memperkenalkan diri sebagai caleg partai tertentu.

Liputan6.com, Palembang - Berbagai cara dilakukan calon anggota legislatif (caleg) agar dapat mendulang banyak suara pada Pemilihan Umum (pemilu) yang akan digelar pada 9 April 2014 mendatang. Tak hanya melakukan sosialisasi di daerah pemilihannya melalui spanduk, media massa, dan media lainnya, cara  tak masuk akal juga dilakukan demi duduk di kursi wakil rakyat.

Salah satunya adalah yang terjadi di Bukit Siguntang, Palembang, Sumatera Selatan. Tempat bersejarah yang merupakan makam bekas Raja Sriwijaya ini juga kerap didatangi para caleg agar tujuannya tercapai.

Menurut juru kunci salah satu makam di tempat itu, Nayatun, saat musim pemilu seperti saat ini banyak pengunjung yang memperkenalkan diri sebagai caleg partai tertentu. "Banyak caleg yang datang, mereka menyampaikan niatnya untuk bisa dimudahkan masuk ke legislatif," ujar Nayatun saat berbincang dengan Liputan6.com di dalam bilik makam Raja Segentar Alam, Sabtu (8/3/2014).

Para calon wakil rakyat itu, ungkap Nayatun juga rela melakukan ritual yang menjadi syarat di tempat tersebut agar keinginannya terkabul. Salah satunya adalah membawa sesajen khusus yang di dalamnya berisi nasi gemuk, telur rebus, telur dadar, pisang mas dan opak ketan.

Jika para caleg itu tidak mampu menyediakan sesajen yang dianggap sebagai santapan Raja Segentar Alam, mereka lanjut Nayatun juga bisa menggantinya dengan membayar sebesar Rp 270 ribu. "Bayar saja, kan tinggal saya siapkan sesajennya. Nanti sesajennya untuk beliau," katanya.

Sementara itu, Ahmad Rusdy, juru kunci Makam Putri Kembang Dadar yang juga berada di satu wilayah dengan makam Raja Segentar Alam mengatakan hal serupa. Makam yang dijaganya juga kerap didatangi caleg setiap jelang pemilu.

"Banyak yang ziarah, mereka menghantarkan doa. Cuma kita tidak tahu apa hajatnya? Mereka kebanyakan meminta restu dari leluhur, ada yang punya niat minta berhasil, tapi kan yang mengabulkan hanya bisa dari atas," kata dia.

Di Bukit Siguntang, Palembang ini setidaknya  terdapat 8 makam raja dan keluarga raja keturunan kerajaan Sriwijaya seperti Raja Segentar Alam, Puteri Kembang Dadar, Puteri Rambut Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Raja Baru Api dan Panglima Jago Lawang. Selain dari Palembang, makam tersebut juga kerap didatangi tamu dari wilayah lain seperti Bengkulu dan Jambi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini