Sukses

Dana Belum Cair, Pemilu Luar Negeri Terancam Tak Mulus

KPU berharap Dana PPLN tersebut segera tersedia, mengingat KPU akan segera melakukan bimbingan teknis.

Liputan6.com, Jakarta - Dana untuk Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) belum dicairkan hingga saat ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap Dana PPLN tersebut segera tersedia, mengingat KPU akan segera melakukan bimbingan teknis untuk pemungutan suara di luar negeri.

"Inilah kendala kita selama ini. Jadi yang seharusnya itu dana harus segera cair awal tahun misalnya, karena ada problem-problem administrasi keuangan di Kementerian Keuangan, itu tidak bisa cair," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di kantornya, Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Selain masalah administrasi keuangan, lanjut Ferry, belum cairnya anggaran ini karena faktor pengajuan revisi anggaran. Dana belum cair bisa terjadi di semua PPLN yang keseluruhannya berjumlah 130 perwakilan.

"Kita harapkan secepatnya ini cair, agar sudah bisa kita luncurkan di masing-masing negara," ungkap Ferry.

Menurutnya, anggaran perlu turun secepatkan karena KPU harus melakukan bimbingan teknis kepada 130 perwakilan negara. Kegiatan bimbingan teknis ini tentunya memerlukan dana.

"Jangan sampai mereka tidak paham mekanisme proses pemungutan dan penghitugnan suara, proses rekapitulasi, bagaimana drop box, bagaimana pos, bagiamana aktivitas-aktivitas yang dilakukan, jangan sampai tidak tahu," tandas Ferry.

Pemilu untuk Warga Negara Indonesia di luar negeri dilakukan lebih cepat yakni 30 Maret hingga 6 April 2014. (Shinta Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini