Sukses

16 Ribu Paket Surat Pileg Tiba di Jayapura

Surat suara yang diperuntukkan bagi 16 kabupaten di Papua itu akan didistribusikan melalui 10 titik kabupaten induk.

Liputan6.com, Jayapura - Sebanyak 16.000 paket surat suara untuk Pemilu Legislatif tiba di Pelabuhan Jayapura, Papua. Surat suara yang diperuntukkan bagi 16 kabupaten di Papua itu akan didistribusikan melalui 10 titik kabupaten induk.

10 Kabupaten induk itu antara lain Merauke, Nabire, Jayawijaya, Biak Numfor, Kota Jayapura, Serui, dan Timika. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, Adam Arisoy mengatakan pendistribusian surat suara akan dilakukan rekanan KPU.

"Penyaluran ke wilayah pegunungan tengah Papua, pasti melalui pesawat udara dan hari ini juga akan dilanjutkan ke Bandara Sentani. Selanjutnya didistribusikan ke Kabupaten Jayawijaya dan diteruskan ke sekitar 15 kabupaten di pegunungan tengah," kata Arisoy di Pelabuhan Jayapura, Rabu (26/02/2014).

Begitupun dengan beberapa kabupaten yang dapat dilalui lewat jalan darat dari Kota Jayapura. Misalnya Kabupaten Keerom, Jayapura dan Sarmi, juga bisa langsung didistribusikan. "Semua akan langsung diteruskan ke sejumlah kabupaten pada hari ini juga," ujarnya.

Surat suara yang dikirim melalui 9 kontainer ini memang didahulukan dari beberapa provinsi di Indonesia. Papua menjadi prioritas. Tujuannya untuk antisipasi jika ada surat suara yang rusak agar dapat segera diganti.

"Tapi kami juga menyediakan 2,5% surat suara dari jumlah total surat suara pada masing-masing kabupaten, untuk antisipasi kerusakan tersebut," ungkapnya.

Sementara Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan polisi siap mengawal pendistribusian surat suara yang mulai hari ini akan dilakukan oleh KPU. Termasuk mengirimkan data-data ke masing-masing Polres. "Ini dimaksudkan agar setiap Polres dapat menjemput bola dan mengawal pendistribusian ini," jelas Tito. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini