Sukses

Rhoma Irama Bergelar Profesor, PKB: Universitas Apa?

Baliho yang memajang foto Rhoma Irama sebagai calon presiden di sudut Ibukota, menyandingkan gelar profesor dengan nama sang Raja Dangdut.

Liputan6.com, Jakarta - Baliho yang memajang foto Rhoma Irama sebagai calon presiden di sudut Ibukota, menyandingkan gelar profesor dengan nama sang Raja Dangdut. Padahal, gelar profesor hanya bisa diraih dosen ataupun peneliti yang telah lama mengajar dan dianggap sebagai pakar dalam bidangnya.

Rhoma Irama dinilai tak layak menyandang gelar profesor karena tidak pernah menjadi pengajar di perguruan tinggi.

Namun, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai pendukung pencalonan Rhoma sebagai capres tak mengetahui asal usul gelar profesor itu. "Saya nggak tahu itu profesornya dari mana," kata Ketua Fraksi PKB Marwan Dja'far saat dihubungi di Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Bahkan Rhoma mendapatkan gelar tersebut dari kampus mana, Marwan malah balik bertanya. "Universitas apa?" heran Marwan.

Ia menegaskan, PKB hingga saat ini tak mengetahui perihal gelar profesor Rhoma yang ramai diberitakan tersebut. "Saya betul-betul nggak paham soal profesor itu," ujarnya.

Rhoma diketahui hanya memiliki gelar Doktor Honoris Causa (Dr. H.C.) di bidang musik yang diberikan American University of Hawai. Gelar itu diberikan karena Rhoma dianggap berjasa mengembangkan musik dangdut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.