Sukses

Jokowi Nyapres, PDIP Optimis Raih 30% Suara di Pileg 2014

"Tapi semua tergantung Mbak Mega, karena dalam kongres lalu kita semua berikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan," kata Maruar.

Ketua DPP PDI Perjuang Maruarar Sirait mengungkapkan rasa bangga dengan hasil survei yang dirilis Pol-Tracking Institute yang menempatkan partainya di peringkat pertama jika pemilu dilakukan saat ini. PDIP diprediksi meraih suara sebesar 18,5 persen atau meningkat 14 persen dibandingkan Pemilu 2009 lalu.

"Kita senang ya PDIP bisa mendapatkan perolehan pertama dalam survei ini," kata Maruarar dalam acara pemaparan survei Pol-Tracking Institute di Hotel Morrisey, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2013).

Ara sapaan akrab Maruarar Sirait juga optimis partainya dapat memperoleh suara 30 persen suara tingkat nasional atau Parliementary Threshold (PT) jika kadernya yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi maju sebagai Capres dari PDIP.

"Jika misalnya Jokowi dinaikkan (Capres) maka angkanya bisa 30 persen," tutur Ara.

Anggota Komisi XI DPR ini menjelaskan yang terpenting saat ini partainya bisa meraih angka 20 persen terlebih dahulu sebagai ambang batas minimal untuk bisa mencalonkan sendiri pasangan capres dan cawapresnya. Karena menurutnya, untuk membangun pemerintahan ke depan memerlukan pemimpin yang kuat dan didukung oleh suara yang tinggi. Sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan lancar.

"Tapi jangan seperti Setgab yang dibangun saat ini, isinya berantem terus, antara anggota berbeda hingga terakhir kemarin seperti perpanjangan Timwas Century DPR ataupun terkait Perppu MK. Dan ini pengalaman berharga bagi partai-partai yang akan melakukan koalisi ke depannya," tuturnya.

Meski demikian, Ara menambahkan penentuan sosok capres dan cawapres PDIP semua tergantung kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Lantaran, dalam Kongres PDIP sebelumnya telah memberikan mandat kepada sang ketua umum untuk menentukan capres dan cawapres dari PDIP.

"Itu semua tergantung kepada Mbak Mega, karena dalam kongres lalu kita semua memberikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan," Tandas Maruar. (Adi)


Baca juga:
Pidato Hari Ibu, Megawati Sindir Ratu Atut
Survei Pol-Tracking: PDIP Menang pada Pemilu 2014
Survei: Elektabilitas Jokowi Paling Tinggi, Prabowo Kalahkan Ical
Survei: 46,9% Pemilih Ikut Pemilu Tanpa Bayaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.