Sukses

Pemilu 2014, Jokowi Bakal Blusukan ke Sejumlah Daerah Indonesia

Hal itu untuk mendongkrak suara PDIP dalam ajang pesta demokraasi tersebut.

Jelang Pemilu 2014, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bakal memiliki kesibukan baru. Pria yang akrab disapa Jokowi itu bakal blusukan ke sejumlah daerah di Indonesia untuk mendongkrak suara PDIP dalam ajang pesta demokraasi tersebut.

"Sepanjang jadwal tak mengganggu gubernur, nggak masalah," kata Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo pada acara Rakornas Bapilu PDIP se-Indonesia di Hotel JW Luwansa, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2013).

Popularitas Jokowi sebagai sosok yang layak menjadi RI 1 terus menduduki peringkat atas dalam sejumlah survei nasional. Pria kalem itu pun kerap menjadi juru kampanye bagi sejumlah calon dari PDIP yang maju dalam pilkada di sejumlah daerah.

Hal itu terlihat dalam Pilkada Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Di daerah tersebut, Jokowi blusukan ke sejumlah pasar tradisional untuk bertemu wong cilik dan menyampaikan visi misi dari sang calon kepala daerah.

Meski begitu, tak sepenuhnya calon dari partai berlambang banteng mocong putih itu keluar sebagai pemenang. Dengan demikian, Jokowi effect dinilai tak sepenuhnya berpengaruh bagi rakyat di daerah. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.