Sukses

BJ Habibie: Besar-Kecilnya Partai Ditentukan Pemilu

Habibie menuturkan pemberian waktu bagi parpol untuk menyosialisasikan calegnya di media massa harus merata.

Setiap partai politik (parpol) yang ikut serta pada Pemilu Legislatif 2014 diharapkan bisa memberikan waktu untuk menyosialisasikan secara merata seluruh calegnya kepada masyarakat di semua media massa. Setidaknya begitu isi pesan Mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Maka kepada tiap partai politik baik partai besar maupun kecil agar diberikan slot di setiap media massa untuk menjelaskan pada rakyat. Programnya apa saja, visi misinya apa," kata BJ Habibie di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/8/2013).

Ditemui usai melakukan peletakan batu pertama gedung baru Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny RA Habibie di Bandung, Habibie menuturkan pemberian waktu bagi parpol untuk menyosialisasikan calegnya di media massa harus merata. "Jadi jangan sampai nanti dimonopoli. Kasihan yang tidak mempunyai kemampuan (biaya)," kata dia.

Hal tersebut dilakukan agar rakyat menjadi tahu latar belakang caleg yang akan dipilihnya nanti pada Pemilu Legislatif 2014. Habibie mengatakan, usai reformasi ini rakyat menjadi penentu dalam menentukan wakil rakyatnya.

Sebagai buktinya, saat ini calon legislatif yang berasal dari partai besar atau kecil memiliki kesempatan yang sama saat masa kampanye, karena penentuan karir nantinya akan ditentukan oleh rakyat sebagai pemegang hak suara.

"Saya tidak membedakan partai besar dan kecil. Karena bagi saya semuanya sama, nanti besar-kecilnya ditentukan oleh pemilu, rakyat yang memilih. Kalau dulu partai itu besar, tapi rakyat kecewa, belum tentu itu masuk (pilihan)," kata Habibie. (Ant/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini