Sukses

Putra Bung Karno Nilai Jokowi Belum Pantas Jadi Presiden

Sejumlah lembaga survei selalu menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai capres dengan elektabilitas tertinggi.

Sejumlah lembaga survei selalu menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden 2014 dengan elektabilitas tertinggi. Namun, putra Presiden Pertama RI Soekarno, Guruh Soekarnoputra menilai Jokowi saat ini belum pantas jadi Presiden.

"Tidak ada satu pun yang pantas jadi capres. Dari kader PDIP tidak ada juga," kata Guruh di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Anggota Komisi X DPR ini menjelaskan, negara Indonesia sudah menjadi amburadul sejak diamandemennya UUD 1945 pada 2002 lalu. Menurutnya banyak kesalahan dalam amandemen tersebut yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan semangat Pancasila.

"Bagi saya negara ini amburadul terutama dengan adanya amandemen produk UUD tahun 2002, semua bertentangan dengan Pancasila. Pemilu langsung itu bertentangan, MPR juga bukan lembaga tertinggi lagi, ini sudah salah," tuturnya.

Ia pun menilai, para kandidat capres yang saat ini telah mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilpres 2014 mendatang belum ada yang pantas. Sebab, kebanyakan dari mereka tidak mengerti ideologi yang benar sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Meski begitu, ia mempersilakan kepada rekan separtainya yakni Jokowi untuk melangkahkan niatnya menjadi capres seperti apa yang diharapkan banyak kalangan, termasuk mengikuti konvensi capres yang digelar Partai Demokrat.

"(Jokowi) Kalau menurut saya, belum saatnya. Tapi, kalau dia diajak sana sini ya silakan, tapi tergantung jokowi," imbuh Guruh. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini