Sukses

Partai Bulan Bintang: KPU Harus Serius Susun Daftar Pemilih

PBB mendesak KPU harus lebih teliti dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap.

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) didesak harus lebih teliti dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).  Wakil Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Endang Rudiatin berharapkan, daftar pemilih ganda, daftar nama yang sudah meninggal dapat diminimalisir.

"Masalah DPT itu masalah kunci dan itu jurdil (jujur dan adil). Artinya jika DPS masih bermasalah, bagaimana bisa membuat masalah DPT clean. Jika itu terjadi, dikhawatirkan sama seperti Pemilu 2009 yang cacat secara konstituen. Jadi KPU harus serius menyusun DPS hingga nantinya DPT," kata Endang di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2013).

Endang mengatakan, KPU juga harus memperbarui isi dalam website kpu.go.id. Dia mengatakan, bahwa terdaftarnya pemilih sesuai alamat, kota dan pekerjaan harus valid.

"Saya pernah mencoba log in kpu.go.id, saya melihat diri saya belum terdaftar. Itu saya sudah coba dari Nama, Alamat, Kota. Intinya menurut saya pendataan itu belum selesai dilakukan KPU dalam menentukan pemilih," ujarnya.

Endang menjelaskan, hingga saat ini sosialisasi KPUD belum maksimal. Karena KPUD belum memaparkan betapa pentingnya masyarakat tahu tentang daftar pemilih. Ia mengatakan, suatu keseragaman bahwa masyarakat daerah sangat malas datang ke kantor desa atau juga Internet hanya untuk melihat pendataan KPU.

"Itu kekurangan masyarakat desa," tegas Endang. (Sul/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.