Sukses

Batal Nyapres 2014, Surya Paloh: Saya Tahu Diri

Sebagai pimpinan parpol yang relatif baru, Surya Paloh mengaku tahu diri kalau partainya tak akan bisa melewati ambang batas syarat capres.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, enggan untuk memutuskan melakukan deklarasi pencalonannya untuk kursi presiden pada Pemilu 2014. Surya menyadari, syarat pengajuan capres sebesar 20% tak akan mudah dicapai. Rasa malu juga membuat dia urungkan niat untuk deklaralasi capres dari Partai Nasdem.

"Saya tahu diri. Kita ini (Nasdem) partai baru. Kalau partainya nggak 20 persen (presidential threshold), tapi saya capres. Malulah," kata Surya di Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Kendati angka pembilang itu tergolong besar, Surya menilai aturan dalam UU Pilpres tersebut cukup bagus untuk mencegah membludaknya calon presiden dari semua partai politik. Bahkan dia menilai akan lebih bagus apabila angka 25% jadi ambang batas.

"Kalau rendah, misalnya kalau 12 partai mampu mencapainya, semua partai bisa mengajukan capres. Ini bisa semakin kacau. Semakin sedikit calon presiden, semakin baik," tegas Surya.

Surya mengatakan, memilih presiden sebagai putra terbaik bangsa tidaklah mudah. Sebab, lanjutnya, rakyat membutuhkan presiden yang lebih efektif mengantar kesejahteraan dan kemakmuran serta yang mengedepankan moralitas dam profesionalitas. "Caleg saja sudah mempunyai pendidikan," ujar Surya.

Sementara itu, sebelumnya di DPR, pembahasan tentang direvisi atau tidaknya UU Pilpres masih terjadi tarik ulur. Bahkan, pembahasannya ditunda hingga selepas Lebaran. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini