Sukses

Wakapolri Komjen Nanan: Semua Calon Kapolri Kuat

Wakil Kapolri Komjen Nanan Soekarna mengatakan semua calon Kapolri punya peluang yang sama menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo.

Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo akan diganti pada Agustus mendatang. Sejumlah nama pengganti pun bermunculan, mulai dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Sutarman. Siapakah calon kuat Kapolri yang baru?

"Semua kuat, semua punya peluang," tegas Wakil Kapolri Nanan Soekarna di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2013).

Ketika ditanya lebih lanjut soal kandidat yang diunggulkan olehnya, Nanan yang baru saja selesai diperiksa penyidik KPK enggan berkomentar.

Kapolri Timur Pradopo tidak menyebut siapa perwira tinggi yang layak menggantikan dirinya. Namun, Timur memastikan telah ada perwira yang dipersiapkan sejak jauh hari untuk menggantikan dirinya, termasuk para jenderal berbintang 3 yang kini menjabat di sejumlah posisi di Polri.

Sejatinya Timur baru memasuki masa pensiun pada Januari 2014. Namun, masa pensiun pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, ini dipercepat menjadi Agustus mendatang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ingin Kapolri yang baru nantinya punya waktu cukup untuk mempersiapkan pengamanan Pemilu 2014. (Ado/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.