Sukses

Jika Terpilih Konvensi, Capres dari Luar Harus Gabung Demokrat

Menurut Syarief, syarat ini merupakan konsekuensi logis dari keikutsertaan seseorang dalam konvensi capres Partai Demokrat.

Partai Demokrat tidak membatasi peserta konvensi calon presiden yang akan digelar. Asal memenuhi syarat, orang dari luar Partai Demokrat pun dipersilakan untuk ikut dalam penjaringan capres yang akan diusung dalam Pemilu 2014. Namun, bagi kandidat dari luar yang terpilih, harus rela menjadi kader Demokrat.

"Kalau ada (peserta konvensi) non-partai yang ikut dan lolos, harus tanda tangan bergabung dengan Demokrat," kata Ketua Harian DPP Demokrat Syarief Hasan sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Menurut Syarief, syarat ini merupakan konsekuensi logis dari keikutsertaan seseorang dalam konvensi capres Partai Demokrat. Sebab nantinya kandidat pemenang konvensi akan diusung dan disokong oleh Partai Demokrat dalam Pilpres 2014. "Dia nantinya akan berkomunikasi kepada rakyat bahwa dia adalah capres dari Demokrat," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Syarief, saat ini Demokrat belum menyebut-nyebut nama calon yang akan ikut konvensi, termasuk keikutsertaan mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. "Kami belum sebut nama, siapa yang kredibel kami undang. Semua yang berpotensi kami jaring," imbuhnya.

Dia memastikan sekitar akhir Agustus mendatang sudah akan diketahui tentang sosok-sosok yang ikut dalam konvensi capres. "Sekarang ya belum, komitenya saja belum dibentuk," pungkas Syarief. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini