Sukses

Survei: 51,5% Rakyat Tak Percaya Elite Politik

Terbukanya berbagai skandal korupsi, serta perilaku buruk para elite politik di tanah air memunculkan ketidakpercayaan masyarakat.

Terbukanya berbagai skandal korupsi, serta perilaku buruk para elite politik di tanah air memunculkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap komitmen mereka terhadap kepentingan rakyat banyak.

Dari beberapa survei, menunjukkan bahwa lebih dari 51,5% masyarakat tak lagi percaya para elite politik di lembaga eksekutif, yudikatif maupun legislatif. Demikian yang ditayangkan dalam Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (8/7/2013).

Hal itu lantaran, semakin banyak terungkapnya kasus korupsi yang melibatkan pejabat maupun politisi yang rupanya berpengaruh terhadap persepsi publik terhadap para elit politik di negeri ini.

Menurut survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), kepercayaan masyarakat terhadap moralitas dan komitmen elite politik tanah air turun drastis.

LSI mencatat, sejak survei yang diadakan tahun 2005 dan 2009 hingga 2013, menunjukkan kini ketidakpercayaan masyarakat terhadap perilaku dan komitmen para elite politik berada di titik tertinggi.

Pada tahun 2005, tingkat ketidakpercayaan publik terhadap elite politik sebesar 34,6%. Kemudian pada 2009 naik menjadi 39,6%.

Tahun 2013 ini, 51,5%responden menyatakan tak percaya terhadap komitmen dan perilaku moral para elit politik. Baik itu yang berada dalam pemerintahan atau eksekutif, penegak hukum, maupun kalangan politikus di parlemen.

Bisa jadi, ketidak percayaan masyarakat tersebut, akan berpengaruh pada partisipasi publik pada pemilu tahun depan. (Edo/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.