Sukses

Suryadharma Ali: PPP Cari Modal Dulu, Bukan Sesumbar Capres

Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengatakan, partainya belum memikirkan pencapresan.

Partai Hanura baru saja mendeklarasikan pasangan capres dan cawapresnya, yakni Ketua Umum Hanura Wiranto dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo. Bagaimana dengan PPP?

Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengatakan, partainya belum memikirkan soal pencapresan. PPP belum menetapkan siapa yang akan menjadi capres. Sebab masih melihat potensi dan modal terlebih dahulu. Setelah itu, partai berlambang Kabah tersebut baru menentukan siapa capresnya.

"Jadi kita lagi cari modal dulu. Bukan sesumbar capres. Perolehan suara dulu pada pemilu 2014 mendatang," kata Suryadharma di Senayan, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Dia menjelaskan, PPP masih merumuskan pemenangan Pemilu 2014. PPP masih melihat potensi sejumlah tokoh, baik dari kader internal, maupun eksternal.

"Dari PPP sampai hari ini belum tetapkan siapa yang akan diusung untuk jadi calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2014. Itu belum. Saat ini masih mencermati kader-kader internal maupun kader di luar parpol. Saat ini konsentrasi pemenangan Pemilu 2014," ujar Suryadharma.

Lalu apakah Suryadharma sendiri yang bakal maju sebagai capres? Menteri Agama ini menanggapinya dengan santai. "Tergantung wartawan," kelakarnya.

Untuk memutuskan capres dan cawapres, lanjut dia, PPP harus melalui mekanisme keputusan Rapimnas. Kalaupun saat ini sudah ada parpol yang mendeklarasikan capres dan cawapres untuk Pilpres 2014, menurut dia, biarkan saja.

Saat ini, sambung dia, PPP mempunyai 2 pandangan terkait pencapresan. Pertama, pencapresan harus diputuskan sebelum pemilu legislatif (pileg). Pandangan kedua, menyatakan sebaliknya: sesudah pileg.

"Ada yang mengatakan, kalau menunggu hasil pileg, terlambat. Jadi ada 2 pandangan itu. Saya belum mengerti pandangan mana yang akan dikedepankan."

Pembekalan Caleg PPP

Terkait pemenangan Pemilu 2014, PPP menggelar pembekalan terhadap semua calon legislatif DPR. Kemenangan pada pemilu legislatif diharapkan bakal menjadi modal dalam pemenangan Pilpres 2014.

"Hari ini kami undang calon legislatif dan kader PPP di Hotel Century. Intinya merumuskan bersama upaya memenangkan Pemilu 2014. Jadi kalau Pileg PPP memperoleh hasil yang jauh lebih baik dari 2006 itu akan jadi modal Pilpres 2014," ujarnya.

Dalam pembekalan ini, jelas dia, tidak menutup kemungkinan ada 2 pandangan yang nanti bakal berkembang. Jika pandangan itu nanti diangkat saat pembekalan, PPP akan membicarakannya. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.