Sukses

Tidak Perlu Takut DPR-MPR, Jokowi Disarankan Bertindak Elegan

Direktur Riset The Akbar Tandjung Institute, Alfan Alfian menilai, visi dan misi kebijakan Jokowi-JK sudah cukup bagus dan konseptual.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi disarankan agar tidak perlu takut atau khawatir terhadap kondisi politik di DPR/MPR, yang kini 'dikuasai' kubu rival politik Jokowi-Jusuf Kalla (JK), yakni Koalisi Merah Putih.

‎"Tidak usah takut dengan realitas politik di parlemen. Dengan adanya 2 koalisi besar di parlemen seperti Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih itu merupakan upaya menyederhanakan kekuatan politik di parlemen," ujar Direktur Riset The Akbar Tandjung Institute, Alfan Alfian usai diskusi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (11/10/2014).

Dosen Fakultas‎ Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional itu mengatakan, visi dan misi kebijakan Jokowi-JK sudah cukup bagus dan konseptual. Bahkan, visi-misi Jokowi-JK dapat membantu bangsa dalam 5 tahun ke depan.

Contoh visi misi tersebut, kata Alfan, soal tol laut dan poros maritim yang dinilai menjadi keunggulan tersendiri. "Saya kira hal-hal yang penting ini, tidak mudah untuk dikalahkan Koalisi Merah Putih di parlemen," ujar Alfan.

‎Menurut Alfan, sistem presidensial yang dianut sekarang ini sangat kompatibel dengan multipartai yang sederhana. Jika 10 partai yang ada di parlemen ini mengerucut menjadi 2 kubu, akan mempermudah perpolitikan Indonesia dalam membangun bangsa.

"Tugas Jokowi ini mudah, Jokowi hanya butuh berbuat tindakan elegan di parlemen agar diterima program-programnya," saran Alfan.

Pimpinan DPR maupun MPR telah terpilih dari anggota Koalisi Merah Putih. Dengan kata lain, DPR/MPR atau parlemen kini 'dikuasai' Koalisi Merah Putih yang mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Kabar pemakzulan atau penggulingan Jokowi-JK dari pemerintahannya juga bergulir, yang disebut-sebut akan dilakukan Koalisi Merah Putih. Namun hal itu telah dibantah.

Baru-baru ini Jokowi juga menggelar pertemuan dengan Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Irman Gusman. Kabarnya, pertemuan tersebut membahas kesepakatan damai untuk memuluskan pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober mendatang. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

  • Koalisi Merah Putih