Sukses

Ucapan Selamat Jokowi untuk Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan yang diusung Koa‎lisi Merah Putih (KMP) terpilih sebagai Ketua MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Zulkifli Hasan yang diusung Koa‎lisi Merah Putih (KMP) terpilih sebagai Ketua MPR. Presiden terpilih Joko Widodo pun langsung memberikan ucapan selamat kepada Zulkifli Hasan.

"Yang pertama saya ingin ucapkan slamat kepada Pak Zulkilfli Hasan yang telah terpilih menjadi Ketua MPR," ujar Jokowi di Balaikota Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/10/2014).

Terkait dengan kekalahan kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH), menurut Jokowi hal tersebut sudah dapat diprediksi. Sebab, pemilihan tak sesuai dengan harapan KIH yang meminta dilakukan melalui jalan musyawarah mufakat.

"Sebetulnya sudah disampaikan kita tawarkan format musyawarah untuk mufakat, karena ini MPR. Tetapi dalam dinamika internal, di sana itu tidak ketemu. Ya sudah. Kalau voting ya jelas kalah," tukas Jokowi. ‎

Sebelumnya, mayoritas politisi Koalisi Merah Putih berhasil meraih empat kursi pimpinan MPR 2014-2019, bersama 1 wakil DPD Osman Sapta Odang setelah mengungguli paket calon pimpinan dari partai Koalisi Indonesia Hebat, dalam pemungutan suara (voting) di sidang paripurna MPR.

Paket pimpinan dari KMP yakni Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional, Mahyiddin dari Partai Golkar, E.E Mangindaan dari Partai Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera, dan Oesman Sapta Odang yang merupakan wakil DPD, mendapat 347 suara dari total 678 suara yang diberikan anggota MPR pada sidang paripurna.

Sedangkan, paket pimpinan Koalisi Indonesia Hebat yang terdiri dari adalah Calon Ketua, Oesman Sapta Odang dari DPD, dan 4 Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Imam Nahrawi dari Partai Kebangkitan Bangsa, Patrice Rio Capella dari Partai Nasional Demokrat, dan Hazrul Azhar dari Partai Persatuan Pembangunan, mendapat 330 suara. Adapun 1 suara lainnya dinyatakan abstain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini