Sukses

Irman Gusman Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPD

Dari 122 suara yang masuk, Irman unggul sebanyak 66 suara, sedangkan Farouk mendapatkan sebanyak 53 suara. 3 Suara abstain.

Liputan6.com, Jakarta - Kandidat incumbent Irman Gusman kembali terpilih sebagai Ketua DPD periode 2014-2019. Ia mengalahkan Farouk Muhammad dalam pemilihan melalui voting putaran keempat untuk memperebutkan posisi ketua DPD RI.

Dari 122 suara yang masuk, Irman unggul sebanyak 66 suara, sedangkan Farouk mendapatkan sebanyak 53 suara. Sementara, 3 suara abstain alias tidak memilih.

Pantauan Liputan6.com, setelah kertas suara terakhir dibacakan, suasana riuh di ruang sidang paripurna Nusantara V Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/10/2014) malam, menyambut kemenangan Irman langsung terasa.

Para anggota DPD di ruang tersebut langsung mengerumuni Irman dan Farouk. Beberapa di antara mereka tampak mengumandangkan takbir dan membacakan salawat yang diikuti oleh para anggota DPD lainnya.

Irman yang dikerumuni dan mendapat ucapan selamat langsung menghampiri ‎rivalnya Farouk Muhammad. Mereka pun kemudian bersalaman dan saling berpelukan. Disusul oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang juga ikut memberi selamat kepada Irman.

Setelah melalui proses pemilihan tersebut, pimpinan DPD sementara Aidil Fikri Syah yang memimpin sidang pemilihan pimpinan DPD, akhirnya menetapkan Irman Gusman sebagai Ketua DPD, dengan Farouk Muhammad dan GKR Hemas sebagai wakilnya.

"Dengan mengakhiri pemilihan pimpinan dan ketua DPD RI, maka telah terpilih sebagai ketua Bapak Irman Gusman, sedangkan pada posisi wakil ketua yaitu Bapak Farouk Muhammad dan Ibu GKR Hemas," ujar Aidil.

Aidil pun kemudian mengucapkan selamat kepada ketiga pimpinan DPD tersebut. "Dengan telah ditetapkannya maka kita selesai melaksanakan rangkaian paripurna ini. Kamu ucapkan selamat kepada para pimpinan yang telah terpilih," kata Aidil.

Setelah proses pemilihan Ketua DPD selesai, rencananya ketiganya akan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Proses sumpah akan dilakukan malam ini juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.