Sukses

Setya Novanto Terpilih jadi Ketua DPR, Fadli Zon Wakilnya

Pemilihan pimpinan DPR ini diwarnai hujan interupsi dan aksi walkout dari kubu PDIP, Hanura, PKB, dan Nasdem.

Liputan6.com, Jakarta - Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR dalam Rapat Paripurna yang digelar dari Rabu 1 Oktober hingga Kamis (2/10/2014) dini hari. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR.

"Dengan demikian, Alhamdulilah para ketua dan wakil ketua terpilih itu sudah kita sepakati dengan bersama, lanjutnya kudu dilantik," ujar pimpinan sidang dari Partai Golkar, Popong Otje Djundjunan.

Selain Fadli Zon, Wakil Ketua DPR lainnya adalah Agus Hermanto (Wakil Ketua Umum Partai Demokrat), Taufik Kurniawan (Sekretaris Jenderal PAN), dan Fahri Hamzah (Wakil Sekretaris Jenderal PKS).

Pemilihan pimpinan DPR ini diwarnai hujan interupsi dan aksi walkout dari kubu PDIP, Hanura, PKB, dan Nasdem. Kericuhan pun sebelumnya juga terjadi hingga sejumlah anggota menyambangi meja pimpinan rapat.

Berbeda dengan proses sebelumnya pada 2009, pemilihan pimpinan DPR ini melalui sistem paket yang diajukan koalisi partai. Setiap koalisi mengajukan 5 nama. Lantaran hanya ada satu paket yang muncul, maka pimpinan rapat langsung menetapkan kelima nama yang terpilih tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.