Sukses

Gerindra Beri Sinyal Ibas Calon Pimpinan DPR

Nama-nama calon itu akan diputuskan dalam rapat konsultasi pimpinan partai politik yang digelar di ruang Komisi IV DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Desmon J Mahesa memberi sinyal bahwa koalisi Merah Putih akan mengusung Ketua DPP Partai Golkar Setya Novanto sebagai calon Ketua DPR, sedangkan calon lainnya menguat, yakni putra Presiden SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang juga Sekjen Partai Demokrat.

"Insya Allah Setnov, calon lainnya yakni Zulkifli Hasan dari PAN dan saudara Ibas dari Demokrat, dari PKS bisa Hidayat Nur Wahid atau Fahri Hamzah," kata Desmond di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (02/10/2014) dini hari.

Nama-nama calon itu akan diputuskan dalam rapat konsultasi pimpinan partai politik yang digelar di ruang Komisi IV DPR.

Namun apakah paket Koalisi Merah Putih akan menduduki pimpinan DPR, Desmond belum bisa memastikan. "Ya kita lihat nanti," singkatnya.

Berdasarkan UU MD3, pemilihan Pimpinan DPR saat ini melalui sistem paket di mana 1 kandidat harus didukung 5 fraksi partai politik.

Sementara, mengenai sosok Setya Novanto yang dituding terlibat sejumlah kasus, Desmon engan berkomentar lebih jauh, dia menyarankan semua diserahkan kepada internal Partai Golkar.

"Kalau Golkar calonkan ya kita terima. Tinggal KPK buktikan. Apakah dia pernah tersangka terpidana? Kan tidak apakah sudah vonis yang belum ada di pengadilan?" tandasnya.

Sebelumnya sidang Paripurna DPR yang digelar sejak Rabu 1 Oktober malam pukul 22.30 wib, telah 3 kali dilakukan skorsing. Sekitar pukul 00.45 WIB dini hari pun masih dilakukan skorsing, hal itu karena tidak menemukan kesepakatan paket pimpinan, sehingga dilakukan lobi-lobi antar anggta DPR lintas fraksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini