Sukses

PKB, PDIP, Hanura Tak Hadir, Pemilihan Pimpinan DPR Diskors

PDIP, Hanura dan Nasdem memilih tidak setuju untuk memilih pimpinan DPR malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang Paripurna untuk memilih Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) diskors hingga 30 menit. Ketua rapat sementara, Popong O Djundjunan mengatakan sidang diskorsing sampai menunggu kehadiran PDIP, PKB, dan Hanura dalam rangka menghormati demokrasi dan hikmatnya persidangan.

"Kita skors 30 menit, dengan catatan kita hubungi dulu saudara kita, dari dua partai, PKB dan PDIP," ujar Popong pada Rapat Paripurna di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Sebelumnya voting digelar untuk menentukan apakah memilih pimpinan DPR malam ini atau dilanjutkan besok. Sebanyak 6 partai setuju untuk memilih malam ini, yakni Gerindra, Golkar, PPP, PKS, PAN, dan Demokrat. Sedangkan PDIP, Hanura dan Nasdem memilih tidak setuju. Sementara PKB abstain.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah mengatakan, abstainnya PKB lantaran partai Nasdem yang mempermasalahkan Tata Tertib (Tatib). Menurutnya, Nasdem meminta Tatib untuk dibongkar, karena partainya tidak ikut membahas.

"Saat masuk ke prosedur yaitu misalnya fraksi mengajukan nama, mengajukan paket dan seterusnya, tiba-tiba ada instruksi tentang ini tatib perlu dibongkar dan disahkan kembali karena Nasdem mengatakan mereka tidak ikut membahas," ujar Fahri di Gedung Parlemen. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini