Sukses

Tentukan Pimpinan DPR, Jokowi dan JK Sampai Turun Tangan

Tjahjo mengatakan, hampir semua kader partai koalisi Indonesia Hebat --pendukung Jokowi-JK-- melakukan pendekatan kepada partai lain.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) turun tangan untuk proses menentukan ketua DPR. Kendati, dirinya enggan menyimpulkan apa yang terjadi sebenarnya.

"Saya belum berani menjanjikan, karena semua sudah kita lobi. Semua teman partai sampai Pak Jokowi pun ikut lobi turun tangan, Pak JK juga," ujar Tjahjo di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Menurut Tjahjo, PDIP masih positif mengajukan paket di mana harus 5 fraksi yang masuk. "PDIP, Nasdem, PBB, dan Hanura masih positif. Mudah-mudahan akan ada tambahan sehingga bisa mengirimkan 1 paket," jelas Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, hampir semua kader partai koalisi Indonesia Hebat --pendukung Jokowi-JK-- melakukan pendekatan kepada partai lain.

"Dengan semua, kita berkomunikasi, ada yang dengan PPP, ada yang dengan PAN, ada Demokrat, ada juga yang dengan PKS, juga ada yang dari teman partai lain. Hanura ketemu teman-teman Gerindra. Kalau bisa musyawarah mufakat," kata Tjahjo.

Namun Tjahjo enggan mengatakan, semua pendekatan telah fix dipilih. "Kami belum bisa sampaikan, karena itu bagian dari strategi. Nanti sampai sore kita lihat bagaimana selanjutnya," pungkas Tjahjo Kumolo.

Hari ini anggota DPR terpilih periode 2014-2019 dilantik. Namun dari 560 anggota legislatif, hanya 555 yang dilantik. 5 Anggota DPR terpilih lainnya masih ditangguhkan, karena diduga terlibat perkara korupsi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini