Sukses

Ini Sumpah 555 Anggota Baru DPR RI

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 555 Anggota DPR periode 2014-2019 resmi diambil sumpah jabatannya di ruang paripurna Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/10/2014).

Rapat pengambilan sumpah jabatan yang sekaligus pelantikan tersebut dipimpin 2 anggota DPR terpilih, yakni Popong Ontje Djundjunan sebagai anggota DPR tertua dari Partai Golkar dan Ade Rezki Pratama anggota DPR termuda dari Partai Gerindra.

Pimpinan DPR sementara Popong Otje Djundjunan berharap seluruh anggota DPR dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Mulai hari ini dan hari-hari yang akan datang selama 5 tahun ke depan, semoga kita dapat menjalankan amanat dan harapan dari seluruh rakyat Indonesia, sehingga cita-cita bangsa dapat terlaksana sebagaima fungsi dan tugas DPR," kata Popong.

Sebelumnya, anggota DPR diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan sidang. Masing-masing tokoh agama berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kita suci.

Hatta membacakan sumpah yang diikuti seluruh Wakil Rakyat. Berikut isi sumpah atau janji anggota DPR:

Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini