Sukses

Muhaimin, Marwan Jafar dan Rusdi Disebut Calon Menteri Jokowi

Menurut Deputi Tim Transisi Eko Sandjojo menuturkan sebenarnya ada lebih dari 4 nama calon menteri dari PKB yang diajukan.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Transisi yang dibentuk Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) awalnya menegaskan tidak akan mengurusi soal jatah menteri. Namun, Deputi Tim Transisi dari PKB Eko Sandjojo ditengarai diam-diam mengusulkan 4 nama calon menteri dari partainya.

Ketika dikonfirmasi, Eko Sandjojo tak banyak bicara dan berdalih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang akan menjelaskan. "(Menteri dari PKB) Nanti Pak Muhaimin sampaikan langsung. Ini saya mau ketemu Pak Muhaimin lagi nih nanti saya confirm (konfirmasi)," kata Eko di Kantor Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Didesak terus oleh media, Eko pun menceritakan sedikit tentang 4 nama calon menteri dari PKB. Ia menuturkan sebenarnya ada lebih dari 4 nama yang diajukan, dan hal itu sudah melalui uji kelayakan.

"Kita menyiapkan dari internal fit and proper (test) itu lebih dari 4 nama (menteri). Cuma kan kita nggak tahu yang dikasih Jokowi berapa kan, jadi kita tunggu, tapi nama kita siapkan," ungkap dia.

Soal 4 nama itu, Eko pun membeberkannya sedikit. "Pak Muhaimin kan kader terbaik, nanti resminya Pak Muhaimin sebagai ketum yang akan menyampaikan. Kader terbaik kita lah, ketua fraksi salah satu kader terbaik kita. Pak Rusdi salah satu kader terbaik kita juga," tutur dia.

Eko mengakui sebagai Deputi Transisi dirinya tidak boleh membahas nama-nama calon menteri. Ia juga menegaskan tugasnya adalah membahas kriteria menteri saja. "Bukan, Deputi Transisi tidak boleh urusin nama (menteri). Kita cuma bahas kriteria," tandas Eko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini