Sukses

Menteri Asal Profesional Murni Mengerucut Jadi 200 Nama

Sedangkan, kategori profesional partai belum masuk dalam pembahasan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi sudah mengumumkan postur kabinet yang akan mengisi pemerintahannya nanti. Proses selanjutnya, Jokowi dibantu tim Transisi mulai menyeleksi nama-nama yang akan masuk dalam kabinet.

Seleksi dimulai dari kabinet yang diisi kaum profesional. Kabinet yang diisi profesional akan diisi 18 orang. Saat ini, nama itu sudah mengerucut menjadi 200 nama.

"Sekarang prosesnya sudah mengerucut, kalau saya tidak salah sampai 200 nama," kata Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Rumah Transisi, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Seluruh nama itu masuk dalam kategori profesional. Sedangkan, kategori profesional partai belum masuk dalam pembahasan Jokowi. Pembahasan itu belum dimulai karena partai belum menyerahkan nominasi nama yang masuk dalam pertimbangan Jokowi.

Jumlah itu sudah turun cukup signifikan. Sebelumnya, lebih dari 1.000 nama berada dalam kategori profesional murni masuk dalam daftar pertimbangan. Jokowi pun langsung membagi 200 orang menjadi 3 kategori.

"Tingkatan satu, dua, dan tiga. Sekarang fokus ke tingkatan 1, dan akan ada investigasi lebih lanjut bahwa profesional ini adalah yang paling cakap sesuai dengan kompetensinya, baru sampai situ," tandas Andi. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.