Sukses

JK: Demokrat Kini Dekat dengan Kami

Sikap Demokrat yang berbalik arah itu pun dianggap Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla atau JK sedang mendekat ke kubu Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung. Sikap Demokrat yang berbalik arah itu pun dianggap Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla atau JK sedang mendekat ke kubu Jokowi.

"Artinya prinsip Demokrat dan Pak SBY itu sudah sejalan dengan pikiran pemerintah, kan pemerintah yang mengusulkan setuju dengan langsung kemudian Demokrat berbeda pandangan tapi sekarang sama, tentu (sikap) ini mendekatkan Demokrat dengan kami," ungkap JK di Senayan City, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

JK menyatakan, pihaknya sangat terbuka bila Partai Demokrat mau bergabung mendukung pemerintahannya ke depan. Bahkan, ia bersama Jokowi akan memikirkan untuk memberi kursi menteri.

"Dengan Demokrat tentu kita terbuka. Akan kami pikirkan (kursi menteri)," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyatakan menolak Pilkada dilakukan secara tidak langsung atau melalui DPRD. Sikap Demokrat ini bertentangan dengan Koalisi Merah Putih yang menginginkan agar pilkada dilakukan melalui DPRD.

"PD secara tegas menyatakan bahwa pilihan PD adalah pilkada langsung (oleh rakyat) dengan catatan ada 10 perbaikan yang harus dilakukan dan dimasukkan dalam RUU Pilkada," kata Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan.

Sikap Demokrat ini menegaskan sikap yang telah disampaikan lebih dulu oleh Ketua Umum Demokrat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Melalui Youtube, dua hari lalu Presiden SBY mengatakan proses demokrasi yang sudah dilakukan 10 tahun (selama masa pemerintahannya), patut dipelihara dan dilanjutkan dengan beberapa perubahan yang diakibatkan oleh pilkada secara langsung selama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.