Sukses

Ruhut Sindir Kader Demokrat yang Dukung Pilkada Lewat DPRD

"Kawan-kawan jangan menari di atas genderang orang lain," kata Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat secara resmi mendukung pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung. Itu artinya, partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, tak akan mendukung pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada di DPR.

Kendati demikian, politisi Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa merasa yakin tak semua politisi Demokrat di DPR akan mengikuti sikap partainya.

Lepas ada tidaknya anggota Demokrat yang tak sejalan dengan partainya, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul pun angkat bicara. Ia menyindir beberapa koleganya di Demokrat, yang mendukung RUU Pilkada.

"Kan sudah jelas, Pak SBY sangat menghormati demokrasi. Saya ingatkan kader (Demokrat) ojo kesusu, matahari hanya satu di Demokrat, yaitu Pak SBY. Kawan-kawan jangan menari di atas genderang orang lain," kata Ruhut di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Tentang sikap Fraksi Demokrat di DPR yang masih mendukung RUU Pilkada, yang mengatur pilkada melalui DPRD atau pilkada tak langsung, bekas politisi Golkar ini mengingatkan bahwa fraksi adalah perwakilan partai.

"Di kami hanya ada satu (komando) partai, nggak kayak partai lain. Yang mirip kami itu Gerindra, PDIP, dan Hanura. Kalau partai lain banyak pemegang saham," tandas Ruhut.

Partai Demokrat sebelumnya dalam rapat pantia kerja (Panja) RUU Pilkada, mendukung pilkada tak langsung. Namun hari ini partai berlambang mercy itu menyatakan sikap mendukung pilkada langsung. Sikap ini sesuai pendirian yang disuarakan SBY di Youtube dua hari lalu. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.