Sukses

2 Parpol Koalisi Merah Putih Akan Beralih ke Jokowi-JK?

Presiden Terpilih Joko Widodo sudah menyiapkan 16 kursi menteri untuk partai politk dalam kabinet mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih Joko Widodo sudah menyiapkan 16 kursi menteri untuk partai politk dalam kabinet mendatang. Partai politik (parpol) dari Koalisi Merah Putih yang merapat ke Jokowi-JK juga akan mendapat jatah menteri.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (18/9/2014), dikabarkan ada 2 parpol yang akan beralih mendukung pemerintahan mendatang.

Sinyalemen ini ditandai dengan rencana kehadiran 2 parpol anggota Koalisi Merah Putih dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Semarang, Jumat 19 September besok.

Tambahan dukungan partai politik memang dibutuhkan Jokowi-JK untuk menambah kekuatan di DPR. Sebab jumlah kursi Koalisi Indonesia Hebat di DPR kurang dari 50 %.

"Ini berkaitan dengan masalah dukungan politik. Berkaitan dengan dukungan parpol, berkaitan juga dengan hubungan antara pemerintah dengan dewan. Hal-hal seperti itu semuanya harus dikalkulasi," ungkap Presiden Terpilih Joko Widodo.

Beberapa parpol belakangan ini disebut-sebut berpotensi berbalik mendukung Jokowi-JK, di antaranya PPP dan PAN. (Ein)

Baca juga:

Koalisi Merah Putih Tolak Jadi Menteri Jokowi

Pertahankan Postur Kabinet, Jokowi-JK Dinilai Rasional

Tim Transisi: Menteri dari Parpol Harus Punya Nilai Lebih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini