Sukses

Jokowi Minta Parpol Seleksi Kadernya yang Diajukan Jadi Menteri

Postur kabinet Jokowi-JK berisi 34 kursi yang terdiri dari 18 menteri profesional murni dan 16 menteri profesional parpol.

Liputan6.com, Jakarta - Postur kabinet Jokowi-JK berisi 34 kursi yang terdiri dari 18 menteri profesional murni dan 16 menteri profesional parpol. Jokowi pun akan melakukan uji kelayakan untuk memilih orang-orang berkompeten duduk di kursi menteri.

Jokowi mengungkap, 18 menteri dari kalangan profesional akan dipilih langsung olehnya. Sementara 16 kementerian lainya akan diseleksi lebih dulu oleh parpol sebelum disodorkan kepada dia.

"Sekarang ini tugas partai untuk menyeleksi kader profesional untuk masuk ke dalam kabinet," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Partai politik, menurut dia, layaknya inkubator yang melahirkan calon-calon pemimpin politik nasional. Sehingga ia percaya setiap parpol memiliki kader-kader yang mempunyai kualifikasi menjadi menteri.

"Kadang kita lupa itu," kata Jokowi yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini