Sukses

Tim Transisi: Tak Ada Seleksi Lelang Jabatan Menteri Jokowi

Andi menjelaskan, pemilihan menteri untuk kabinet Jokowi juga melalui seleksi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tidak akan menyelenggarakan lelang jabatan untuk mencari menteri yang mengisi postur kabinetnya nanti.

"Saya kira tidak akan diberlakukan sama untuk seluruh menteri," kata Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Andi menjelaskan, pemilihan menteri untuk kabinet pemerintahan mendatang juga melalui seleksi oleh Jokowi. Sebab, Jokowi berhak tahu menteri yang punya rekam jejak baik untuk mengisi kursi menteri.

"Itu hak presiden, mana yang bisa dipilih langsung Jokowi karena track recordnya jelas," tambah Andi.

Jokowi-JK mengumumkan postur kabinet pemerintahannya untuk masa jabatan 2014-2019. Dia mengumumkan bahwa ada 34 kementerian yang akan membantunya bersama Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla. Menteri yang membantunya nanti terdiri dari 18 profesional dan 16 profesional-partai.

Jokowi menyatakan, dari 34 menteri tersebut, 3 di antaranya adalah Menteri Koordinator (Menko). Wakil Menteri kemungkinan akan ditempatkan hanya untuk kementerian yang dianggap sangat membutuhkan.

Untuk menteri yang berasal dari kalangan profesional murni akan menempati posisi pos keuangan, BUMN, ESDM, dan pertanian. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.