Sukses

Tjahjo: Jokowi Tak Ingin Dikotomi Menteri Profesional dan Parpol

Jokowi mengumumkan postur kabinet pemerintahannya. Dari 34 kementerian, 16 menteri di antaranya berasal dari profesional parpol.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi mengumumkan postur kabinet pemerintahannya. Dari 34 kementerian, 16 menteri di antaranya berasal dari profesional partai.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, menteri profesional partai politik yang dimaksud Jokowi yaitu, tidak adanya perbedaan antara orang partai dengan nonpartai.

"Saya mencermati pernyataan Bapak Jokowi, beliau tidak ingin ada dikotomi, orang partai dan nonpartai, dan profesional," kata Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Mantan Ketua tim pemenangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014 ini menambahkan, publik tidak harus mempertanyakan orang profesional dan profesional parpol yang dimaksud Jokowi.

Anggota Komisi I DPR ini menambahkan, tidak sedikit orang profesional nonparpol yang menjadi simpatisan parpol tertentu pun sebaliknya.

"Orang profesional juga ada menjadi simpatisan partai, orang partai juga ada yang profesional," tandas Tjahjo.

Jokowi mengumumkan komposisi kabinetnya pada Senin 15 September. Dari 34 menteri, 18 orang akan diambil dari kalangan profesional murni dan 16 orang dari kalangan profesional partai politik. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini