Sukses

Jokowi-JK Masih Pertimbangkan 2 Opsi Komposisi Kementerian

Belum ada keputusan final jumlah komposisi di kabinet Jokowi-JK, apakah 27 atau 34 Kementerian.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Eko Sanjoyo mengatakan belum ada keputusan final jumlah komposisi di kabinet pemerintahan baru, apakah 27 atau 34 Kementerian. Sampai saat ini Jokowi-JK masih mempertimbangkan 2 opsi itu.

"Jadi ada 2 opsi. Sebab banyak kementerian yang saat ini tumpang tindih, jadi nggak efektif. Cukup 27 kementerian tapi pertahankan kementerian-kmenterian yang strategis," kata Eko dalam seminar  'Membedah Arsitektur Pemerintahan Jokowi-JK' di Hotel Acacia, Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Ia menjelaskankan, apabila Jokowi-JK tetap mempertahankan 34 kementerian seperti saat ini, maka itu dapat lebih mempermudah kinerja pemerintahan di dalam 5 tahun kepemimpinannya nanti, karena dapat langsung bekerja.

"Kalau dipertahankan (34 kementerian), tentu kelebihannya, pemerintah mendatang kalau sudah dilantik, nantinya bisa langsung bekerja," ungkap dia.

Bila Jokowi-JK memilih opsi 27 kementerian, lanjut dia, maka ada peleburan di sejumlah kementerian. "Kalau 34 tidak ada yang dileburkan, tetapi ada beberapa Dirjen yang dimaksimal. Jadi di level Dirjen lebih mana yang diperlukan. Tapi itu semua prerogatif Presiden. Maka kita nantikan saja apa keputusannya," papar Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini