Sukses

JK: Ada 34 Menteri, Profesional Lebih Banyak

JK mengungkapkan, ada kemungkinan akan mempertahankan jumlah kementerian yang ada saat ini, yakni 34 posisi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, ada kemungkinan akan mempertahankan jumlah kementerian yang ada saat ini, yakni 34 posisi. Bahkan, menurutnya, wacana itu sudah ia bahas dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

"Sudah dibicarakan, Pak Jokowi juga sudah bicara, posturnya 34 (Kementerian)," kata JK di Kantor Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/9/2014).

Pria berdarah Sulawesi Selatan itu menambahkan, meski tak dilakukan perampingan, pihaknya tetap melakukan seleksi ketat untuk para kandidat menteri. Sebab, rencananya jabatan menteri akan banyak diisi oleh orang-orang profesional selain dari partai politik.

"Postur 34, otomatis lebih banyak profesional murni. Tapi jangan lupa dari parpol banyak yang profesional," ucapnya.

JK hari ini menyambangi Rumah Transisi untuk membahas tentang perkembangan kerja Tim Transisi dan hasil komunikasi dengan para menteri pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta mengevaluasi kerja tim transisi.

Ia juga mengingatkan bahwa rancangan program harus selesai pekan depan,  Senin 15 September 2014.

Beberapa hari lalu, Jokowi memastikan akan mengumumkan susunan dan bentuk kabinet pemerintahannya pada 15 September 2014 mendatang. Pada tanggal tersebut, Jokowi juga akan menentukan jumlah jajaran menteri pada kabinetnya nanti.

"Nanti 15 September sudah ketemu posturnya (kabinet) seperti apa. Ketemu gemuk atau kurus. Baru tok..tok..tok...‎," ujar Jokowi,  Senin 8 September 2014. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.